Monday, April 25, 2011

Fotografi makro

Posted by deemd Monday, April 25, 2011, under | No comments

Sebelum mulai membahas tentang foto grafi makro, ada baiknya kita membahas arti fotografi secara umum terlebih dahulu. Fotografi berasal dari dua kata yaitu photos dan graphos, yang bila diartikan menurut arti katanya adalah melukis dengan cahaya. ini artinya, kita tidak melukis menggunakan tangan atau alat manual lainya. kita menggunakan alat penangkap cahaya yang di sebut kamera. di dalam fotografi sendiri terdapat berbagai kategori, salah satunya adalah foto grafi makro.yang akan kita bahas dalam postingan kali ini.
Kenapa harus ada kategori fotografi makro?? banyak sekali alesan kenapa ada fotografi makro. secara garis besar, tujuannya dibedakan menjadi empat, yaitu :
1. Untuk bahan identifikasi dalam bidang science.
2. Untuk engineering, metallurgi, manufacturing.
3. Untuk sarana promosi.
4. Untuk keindahan.

Detail suatu benda/object, komposisi dan bentuk suatu benda yang kecil, pastilah kita akan selalu luput memperhatikannya, maka dengan makro fotografi kita akan bisa melihat dengan jelas secara detail, baik warna maupun bentuknya.
Jadi melalui fotografi makro kita dapat melihat dengan jelas detail mata lalat yang notabene sangat kecil akan menjadi indah bentuk dan warnanya.
Seiring dengan bertambah majunya era digitalisasi saat ini, mempelajari fotografi makro adalah hal yang tidak sulit, tidak seperti di era fotografi saat masih menggunakan kamera analog plus negative film.
Oleh sebab itu pada saat era digital saa ini, fotografi makro dapat dilakukan oleh siapa saja ,tua maupun muda, lelaki atau perempuan, bahkan untuk fotogafer pemula dan kamera yang bukan pro, asal saja dilakukan dengan sungguh-sungguh .

Fotografi MAKRO
Fotografi makro adalah salah satu kategori fotografi yang membuat pembesaran terhadap suatu object. Atau bisa dengan kata lain dunia fotografi yang diperkecil kedalam dunia Micro.
Pembesaran tersebut bisa dilakukan dengan medekatkan obect dengan kamera, atau pun dari jarak terentu dengan menggunakan lensa tele. dan harus tetap mengusung konsep “Foto yang berbicara” dengan melibatkan unsur komposisi, POI dan keseimbangan.
objek fotografi makro bisa berupa benda mati atau hidup.

contoh objek benda mati.

 contoh objek benda hidup.

hasil dari fotografi makro sangat indah, karena di sini terlihat sekali detail dari objek yang kita ambil.
pada postingan selanjutnya akan lebih membahas tentang alat dan teknik dalam fotografi makro.

0 comments:

Post a Comment